Rss

Tentang BeeComics

Foto saya

Komik bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang negatif. Padahal sebenarnya didalam proses menghasilkan sebuah komik dibutuhkan bukan hanya kemampuan menggambar saja, namun lebih kompleks seperti menghidupkan gambar melalui sebuah kata-kata (scriptor), merangkai gambar menjadi cerita (story telling), memberikan emosi melalui karakter tubuh (character), pewarnaan gelap (inker), pergerakan (movement), selera (taste), rasa (feeling.), dll.

Bagi sebagian orang menggambar komik juga dipandang hanya sebagai hobby saja dan tidak lebih. Padahal komik di beberapa negara besar seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara maju lainnya sudah menjadi sebuah industri besar, yang menghasilkan tokoh-tokoh komik besar seperti X-men, Superman, Batman, Disney, Spiderman, Dragon Ball, Samurai X, SailorMoon, Steam Boy, Tiger Wong dll

A. Siapa itu Beecomics?
Animo penggemar komik di Indonesia besar, terbukti dengan banyak macamnya buku-buku komik buatan Jepang yang dijual di toko-toko buku serta bermunculannya film-film animasi di televisi.

Beecomics adalah sebuah sekolah komik pertama di Surabaya yan mengajarkan tentang bagaimana cara membuat komik dengan baik dan benar, bentuk tokoh, memberikan emosi pada tokoh agar lebih hidup, membentuk karakter, lebih kompleksnya bagaimana membuat sebuah cerita secara jelas melalui gambar-gambar komik dari segala aliran baik itu aliran manga, USA mapun bebas. Dan diharapkan siswa nantinya bisa menciptakan gaya/style sendiri . Membahasakan sebuah makna dalam bentuk visual, sehingga mudah dipahami. Beecomics juga memperkenalkan karya-karya siswa ke dunia luar, melalui media website.

Senin, 08 Februari 2016

Event Dharma Mulya's Book Party

Diawal tahun 2016 tepatnya tanggal 18.19 Januari 2016  beecomics mendapat kesempatan untuk mengisi event Book Party di SD dan SMP Dharma Mulya bermsa Nulisbuku.com. Sangat mengejutkan sekali ternyata minat untuk belajar komik amat sangat tinggi, untuk peserta workshop total ada 49 orang untuk SMP dan 40 orang untuk SD, sehingga Beecomics harus menurunkan 2 tenaga pengajar dan 4 orang asisten untuk membantu proses pengajaran sehingga semua siswa bisa dapat menyerap materi yang diajarkan.

Untuk materi workshop kali ini Beecomics mengajarkan dasar-dasar dalam membuat sebuah Komik yang baik, dimulai dari menentukan tema cerita, menyusun alur cerita, pembuatan karakter dan panel komik, dalam proses pembelajaran 30 menit teori dan 1,5 jam praktek.

Dalam prosesya terlihat anak-anak antusias sekali dalam megnikuti acara ini, dan dari semua peserta nantinya akan di pilih komik terbaik, dan aka ada hadiah khusus dari beecomics serta akan dicetak komiknya oleh nulis.com.

Selain itu karena acara ini bertepatan dengan pameran komik 24 hour comic day di Lenmarc surabaya, setelah workshop selesai peserta dibawa ke lokasi pameran untuk bisa tahu secara langsung bagaimana sih komik yang baik dan layak utuk dipasarkan dan dicetak, disamping itu pula karena di lokasi pamera juga dipamerkan beberapa karya komikus-komikus senior indonesia seperti pak hasmi dkk, ada juga karya-larya dari komikus terkenal lainya seperti karya komikus Ardian Syaf, murid2 bisa tahu kalau sebenarnya Indonesia tuh punya komikus-komikus handal dan profesional yang karya-karyanya sudah dicetak di publisher luar negeri.

0 komentar: